Sabtu, 04 Juli 2020

4 Macam Proses dan Cara dalam Penyambungan Pipa Air

Bagi kamu yang bekerja di bidang properti ( khususnya di bagian yang berhubungan saluran air ), kamu pasti sudah sangat paham tentang manfaat dan pentingnya sambungan pipa. Dimana salah satu fungsi utama dari sambungan pipa ini adalah untuk menghubungkan antara pipa satu dengan pipa lainnya. Oleh karena itulah, fungsi dari sambungan pipa air sangat penting dalam dunia properti.


Untuk melakukan proses penyambungan pipa air ini, ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan. Lalu, bagaimana cara serta proses penyambungan pipa ini? Berikut adalah beberapa macam proses penyambungan pipa yang umum digunakan.

Chemical Joint

Proses penyambungan pipa yang pertama dikenal dengan nama Chemical Joint. Selain itu, Chemical Joint juga lebih populer atau umum disebut sebagai penyambung menggunakan lem. Namun, sayangnya penyambungan pipa jenis ini hanya bisa diaplikasikan untuk pipa PVC ( Polivynil Chloride ). Kendati demikian penyambungan Chemical Joint adalah proses penyambungan yang paling umum dijumpai di Indonesia. Hal ini tentunya tak lepas dari harga yang lebih ekonomis dan pipa PVC yang lebih umum digunakan di Indonesia.

Heat Fusion

Sesuai dengan namanya, penyambungan pipa ini mengandalkan energi panas yang digunakan untuk melelehkan pipa sebelum menyambungkan dua buah pipa. Terdengar sangat sederhana, bukan? Namun, sayangnya ada beberapa kelemahan dari penyambungan menggunakan proses ini. Dimana proses ini selalu membutuhkan energi listrik. Selain itu, penyambungan ini hanya bisa dilakukan untuk pipa dengan bahan plastik.

Rubber Ring Joint

Pernahkah kamu mendengar tentang Rubber Ring Joint? Rubber Ring Joint ini merupakan salah satu jenis penyambungan paling mudah untuk dilakukan. Hal ini disebabkan penyambungan pipa ini tidak membutuhkan keahlian ataupun peralatan khusus. Bahkan proses ini tidak membutuhkan listrik. Sesuai namanya, proses penyambungan ini hanya mengandalkan cincin karet pada soket pipa untuk merekatkan pipa.

Mechanical Joint

Proses penyambungan pipa yang selanjutnya adalah Mechanical Joint. Proses ini menggunakan baut sebagai perekat untuk penyambungan pipa. Proses penyambungannya cukup mudah. Dimana pipa akan dihubungkan dengan fitting yang memiliki baut. Selanjutnya pipa akan dihubungkan dengan pipa lain yang telah menggunakan fitting baut juga. Sehingga inti dari penyambungan pipa jenis ini menggunakan baut yang sudah dikombinasikan dengan fitting.

Demikianlah beberapa cara paling umum dijumpai dalam proses penyambungan pipa. Selain cara penyambungan pipa, kamu pastinya juga membutuhkan sambungan pipa terbaik. Lalu, sambungan pipa apa yang memiliki kualitas baik? Pastinya salah satu jenis sambungan pipa yang direkomendasi untuk digunakan adalah sambungan pipa air Rucika. Dimana Rucika sendiri merupakan brand pipa air dan dengan beragam kelengkapan yang didukung dengan teknologi terbaik.

Penasaran dengan produk dari Rucika? Untuk mengetahui secara lebih lengkap tentang sambungan pipa ataupun produk pipa air Rucika lainnya, maka tunggu apa lagi? Langsung saja buka website resmi dari Rucika di www.rucika.co.id untuk mengetahui detail dari setiap produknya.


EmoticonEmoticon