Minggu, 23 Mei 2021

Pusing Memilih Wedding Venue? Perhatikan 5 Hal Ini!

Dalam menyiapkan pernikahan, venue merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum merancang hal lainnya. Banyak calon pengantin yang memiliki impian untuk menikah di sebuah venue atau tempat tertentu, seperti di Bali, misalnya. Nah, jika kamu ingin menikah di Bali, wedding venue terbaik di Jimbaran tentunya harus menjadi daftar incaran. Lalu, hal apa saja ya yang perlu diperhatikan ketika memilih wedding venue?



Tema dan Konsep Pernikahan


Sebelum memilih venue, baiknya kamu berdiskusi dengan pasangan dan keluarga tentang tema apa yang akan diusung. Jika kamu ingin memiliki pernikahan dengan tema internasional, glamor dan romantis, kamu bisa mempertimbangkan venue seperti hotel yang biasanya memiliki restoran dengan sentuhan internasional.


Suasana ini bisa kamu dapatkan jika menikah di FOX Hotels Jimbaran Bali, misalnya. Pemandangan sunset yang memukau serta restoran dengan semi outdoor akan membuat suasana pernikahan lebih romantis. Namun jika kamu ingin menikah dengan tema rustic dan konsep yang friendly, intimate dan santai, kamu bisa mempertimbangkan venue outdoor atau semi-outdoor.


Lokasi dan Akses


Hal penting lainnya dalam memilih venue adalah lokasi dan akses. Pertimbangkan tamu undangan yang menghadiri pesta pernikahan kamu jika mereka baru pertama kali ke daerah venue pernikahanmu. Apakah mudah untuk ditemukan? Selain itu, pertimbangkan juga tingkat kepadatan lalu lintas jika harus datang di akhir pekan atau hari libur. Berapa waktu tempuh yang diperlukan? Jika semua sudah kamu kalkulasikan dengan matang, maka kamu bisa menentukan venue tersebut cocok atau tidak.


Kapasitas Tamu


Setelah menentukan tema pernikahan dan akses, kamu juga perlu menghitung tamu undangan yang akan diundang. Tentu hal ini berpengaruh dengan pemilihan venue, karena tidak semua venue memiliki kapasitas sesuai dengan yang kamu inginkan. Terlebih di kondisi pandemi seperti ini. Kamu pun harus memikirkan physical distancing yang harus diterapkan sesuai dengan ketentuan venue.


Tanggal Pernikahan


Saat memilih venue, tentu kamu juga harus menyesuaikan tanggal pernikahan yang telah kamu, pasangan, dan keluarga tentukan. Semakin mudah akses terhadap informasi, semakin cepat orang akan bertindak. Untuk itu, ada baiknya kamu juga mengecek ketersediaan venue sesaat setelah tanggal pernikahan kamu sudah disepakati. Jika venue yang kamu inginkan memiliki daya saing yang tinggi, tentu kamu harus booking dari jauh-jauh hari. Terlebih, jika kamu ingin menikah di tanggal spesial dan cantik, kamu lebih baik booking dari enam bulan sampai satu tahun sebelumnya.


Kesempatan Memilih Vendor Lain


Pemilihan venue dan wedding organizer (WO) sebetulnya bisa dipilih secara beriringan, bergantung dengan skala prioritas kamu. Terdapat dua opsi dalam menentukan venue jika dilihat dari sisi ini.


Pertama, jika kamu sudah menentukan akan menikah di venue tertentu, maka kamu harus menyesuaikan dengan WO yang bekerja sama dengan venue tersebut. Ada kalanya pihak venue terbuka dengan WO dan vendor-vendor lain yang sudah kamu tentukan, tapi tidak sedikit juga yang tidak mengizinkan kamu menggunakan vendor lain. Dalam hal ini, kamu harus menggunakan vendor yang telah bekerja sama dengan venue tersebut.


Namun, ada juga pihak venue yang mengizinkan kamu menggunakan vendor lain dan mengenakan kamu biaya tambahan atas hal tersebut. Jika kamu tidak masalah, kamu bisa ambil opsi pertama ini.


Opsi kedua, kamu menentukan WO terlebih dahulu dan memilih venue berdasarkan tempat yang sudah bekerja sama dengan WO kamu. Jika kamu memang lebih memilih WO dibandingkan venue, maka kamu bisa menggunakan opsi kedua ini. Pilihlah WO yang sudah memiliki banyak rekanan, sehingga kamu tidak kesulitan menentukan venue berdasarkan tema yang diinginkan serta jumlah tamu yang diundang.


Semoga beberapa hal di atas dapat memudahkan kamu dalam memilih venue yang diinginkan ya!

This Is The Newest Post