Selasa, 30 November 2021

Kenali Ragam Aplikasi Pajak Online

Direktorat Jenderal Pajak dari tahun ke tahun terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Salah satunya yaitu dengan mempermudah transaksi perpajakan melalui aplikasi pajak online. Hal ini juga merupakan bentuk pemanfaatan teknologi di bidang pelayanan perpajakan.

 

Perlu diketahui pajak merupakan penghasilan terbesar bagi negara. Sumber pendapatan pajak dari beberapa tipe wajib pajak. Pertama wajib pajak pemerintahan dan badan swasta. Kedua wajib pajak dari penerima upah dan orang pribadi yang mempunyai pendapatan dari usaha.

 


Maka dari itu warga negara yang memasuki wajib pajak harus membayar pajak dengan tepat waktu. Ini dikarenakan pajak nantinya akan digunakan untuk pembangunan negara. Anggaran tersebut digunakan untuk Membangun fasilitas-fasilitas umum yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

 

Di sini DJP memiliki peran penting lembaga penerimaan pajak yang nantinya untuk pembangunan negara. Oleh karena itu DJP meluncurkan sistem aplikasi pajak online. Adanya aplikasi ini diharapkan lebih mempermudah masyarakat melakukan berbagai transaksi perpajakan. Transaksi tersebut meliputi dari pelaporan hingga pembayaran pajak.


Dibawah ini beberapa aplikasi yang terkait dengan perpajakan.

 

1. Pendaftaran Elektronik  (E-registration)

 

Ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendaftaran NPWP bagi wajib pajak. Adanya sistem ini sangat mempermudah wajib pajak untuk melakukan pendaftaran NPWP dikarenakan tidak harus datang langsung ke kantor pelayanan pajak. Melalui aplikasi tersebut wajib pajak dapat pendaftaran secara online.

 

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran NPWP secara online :


·      Masuk ke akun  https://ereg.pajak.go.id/, kemudian wajib pajak cukup mengisi formulir data yang telah ada di website tersebut.

·      Lengkapi dokumen yang diperlukan sesuai syarat yang telah ditentukan oleh DJP

·      Ketiga Setelah semua selesai wajib pajak dapat mengirimkan data tersebut sebagai permohonan ke DJP.

·      Laporan SPT gunakan e-filing

 

2. E-SPT

 

Aplikasi pajak ini mudah masyarakat untuk melaporkan SPT. Ada beberapa macam SPT yang wajib pajak dengan menggunakan e-filing yaitu sebagai berikut :

 

1)   SPT PPN

2)   SPT PPh pasal 4 ayat 2

3)   SPT PPh pasal 21-22 dan 26

4)   Serta surat pemberitahuan PPh orang pribadi

 

Wajib pajak cukup mengunduh file formulir yang ada di aplikasi e-SPT. Setelah itu simpan dalam bentuk csv kemudian unggah file tersebut melalui website DJP online. Untuk melakukan transaksi ini Melalui aplikasi e-spt, wajib pajak perlu menggunakan kode EFIN ( Electronic Filing Identification Number). EFIN di sini berupa kode autentifikasi dari DJP yang diberikan kepada wajib pajak. Namun untuk mendapatkan EFIN tersebut wajib pajak perlu datang ke kantor pelayanan pajak dengan membawa foto copy NPWP dan KTP.Kemudian wajib pajak harus mengisi formulir, lalu lakukan aktivasi EFIN dengan mengunjungi tautan yang telah dikirimkan DJP melalui email.

 

3. Aplikasi pembayaran dengan ebilling

 

Pada umumnya pembayaran pajak dilakukan melalui bank ataupun kantor pos dengan dibawa formulir surat setoran pajak. Saat ini telah ada yang mempermudah wajib pajak untuk mengisi surat setoran pajak secara online.

 

Selain itu dengan adanya e-biling wajib pajak dalam melakukan pembayaran harus datang ke bank ataupun kantor pos. Hal ini dikarenakan pembayaran melalui ebilling, wajib dapat melakukan transaksi pembayaran Mobile Banking.

 

4. Aplikasi e-Faktur


Faktur elektronik merupakan aplikasi yang digunakan untuk menerbitkan bukti pungutan pajak yang dibuat oleh atas jasa kena pajak dan barang kena pajak. Berikut ini beberapa keuntungan dari aplikasi tersebut :

 

·         Dapat tampilkan berbagai jenis faktur

·         Notifikasi secara otomatis untuk dikirimkan ke email wajib pajak

·         Nomor Pokok Wajib Pajak lawan transaksi anda akan secara otomatis validasi

 

Demikian penjelasan mengenai seputar perpajakan.  Dari penjelasan di atas dapat dilihat jika aplikasi ini mempermudah masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi perpajakan. Selain itu, aplikasi tersebut telah menggunakan teknologi yang canggih sehingga keamanan data wajib pajak lebih terlindungi.


Selain aplikasi yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pajak, adapun aplikasi layanan Pajak seperti Klikpajak. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi pajak online yang telah bermitra resmi dengan DJP. Oleh karena itu, transaksi melalui klik pajak dapat dipercaya serta data terlindungi dengan aman.