Minggu, 27 Februari 2022

Memahami Cara Kerja Rear Window Defogger, Fitur Baru Xpander Cross

Tags



Rear window defogger merupakan salah satu fitur teranyar yang dimiliki Mitsubishi Xpander Cross. Fitur penghilang tetesan air kental ataupun es salju di kaca belakang kendaraan ini boleh jadi satu alasan Anda untuk segera mengajukan kredit Xpander Cross pada lembaga pembiayaan. Pasalnya, seperti dikutip dari laman CarBike Tech, komponen ini juga dapat meningkatkan visibilitas dan keselamatan Anda saat berkendara di jalan.

 

Lantas, seperti apakah cara kerja rear window defogger ini? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini, ya.

 

Cara kerja rear window defogger

 

Pada dasarnya, rear window defogger atau penghilang kabut kaca belakang akan menghilangkan air kental atau es salju dari permukaan kaca untuk mengembalikan visibilitas atau jarak pandang pengemudi saat berkendara. Berdasarkan prinsip kerja, rear window defogger termasuk sebagai penghilang kabut kaca jenis sekunder.

 

Penghilang kabut kaca belakang atau penghilang kabut kaca sekunder adalah jenis defogger yang bekerja dengan bantuan prinsip pemanasan listrik yang bekerja terus-menerus (restive). Sistem pemanasan listrik ini akan mengalir pada filamen atau lapisan berbahan panas yang ditempelkan oleh pabrikan kendaraan pada permukaan kaca belakang.

 

Ketika mesin kendaraan dinyalakan, arus listrik akan melewati filamen tersebut dan menghasilkan panas. Alhasil ketika hujan deras turun saat di perjalanan, filamen itu akan melelehkan bahan yang terkondensasi (air hujan yang kental) dan membersihkan kaca belakang. Menurut situs CarBike Tech, beberapa pabrikan kendaraan mewah juga menggunakan sistem ini pada kaca spion di bagian belakang mobil.

 

Sementara itu, penghilang kaca kabut jenis primer atau utama ialah defogger berbasis sistem pemanas dan pendingin udara kendaraan (HVAC) yang ditempatkan di bagian kaca depan mobil.

 

Hal penting tentang rear window defogger

 

Mengingat komponennya yang mengandung elemen listrik, filamen pada kaca belakang mobil ini tentu memiliki kisi-kisi yang cukup sensitif terhadap kerusakan. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk membersihkan atau mengelap bagian kaca belakang Mitsubishi Xpander Cross Anda kelak dengan kain halus yang tidak meninggalkan goresan.

 

Sebab, ketidaktelitian ketika membersihkan kaca belakang mobil dapat mengangkat logam pada filamen yang kelak dapat menggangu sirkuit listrik dan aliran listrik ke filamen tersebut.


Demikianlah ulasan tentang rear window defogger serta cara kerjanya. Semoga informasi dalam artikel ini berguna buat Anda, ya!