Senin, 02 Mei 2022

Crypto Exchange: Pengertian dan Cara Menentukan Platform yang Tepat di Indonesia


Ketika mencari tahu mengenai cryptocurrency, Anda bakal menjumpai berbagai istilah yang digunakan. Salah satunya adalah Indonesia crypto exchange yang berkaitan dengan kegiatan transaksi mata uang kripto. Dalam praktiknya, Anda juga akan menggunakan platform khusus untuk menukar koin dan kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan cryptocurrency.

 

Apa Itu Crypto Exchange?

 

Secara garis besar, crypto exchange merupakan tempat bertransaksi aset kripto. Fungsinya yaitu menukar mata uang konvensional seperti rupiah menjadi bentuk cryptocurrency, misalnya Bitcoin, Ethereum, atau Litecoin. Jika menggunakan platform seperti aplikasi crypto, Anda berkesempatan melakukan jual-beli dengan jumlah mata uang yang lebih banyak.

 

Cryptocurrency sendiri sudah dianggap sebagai komoditi sah sebagai subjek kontrak berjangka (derivatif), sehingga dapat Anda perdangkan lewat bursa berjangka. Bappebti juga sudah mengatur penyelenggaraan dan hukum peredarannya, salah satunya terdapat Peraturan Bappebti No. 7 tahun 2020.

 

Bagaimana cara kerja crypto exchange? Untuk trading, Anda bisa transfer dana ke akun yang telah dibuat pada platform tersebut. Selanjutnya, masukkan nominal dana menggunakan mata uang fiat yang akan membawa Anda ke tahap pembelian. Dari sini, Anda akan mendapatkan mata uang kripto yang diinginkan sesuai harga yang telah dipilih.

 

Kemudian, Anda akan menemukan order book, yakni daftar jumlah cryptocurrency yang ingin dijual atau dibeli, beserta harga-harganya. Perlu diingat bahwa platform crypto exchange yang digunakan tak dapat menentukan harga per keping koin maupun aset kripto lainnya. Jadi, jangan terkejut kalau Anda menemukan perbedaan harga pada satu exchange dengan lainnya.

 

Bagaimana Memilih Platform Crypto Exchange?

 

Untuk menemukan platform crypto exchange yang aman, pastikan Anda melihat empat poin ini:

 

·         Pertimbangkan legalitas. Selalu prioritaskan platform yang sudah diawasi Bappebti, yakni lembaga yang berada di bawah naungan Kemenkeu. Langkah ini juga akan menjauhkan Anda dari aplikasi bodong yang sudah merugikan banyak orang;

·         Cek tingkat keamanannya. Mengecek tingkat keamanan pada platform exchange dapat dilakukan dengan memastikan keberadaan autentikasi dua faktor maupun verifikasi ulang. Pilih juga platform yang sudah berpengalaman dan penggunanya banyak;

·         Perhatikan aset kripto yang tersedia. Rata-rata platform crypto exchange menawarkan puluhan jenis koin atau aset kripto untuk penukaran. Sebanyak apa pun aset yang tersedia, pastikan Anda memilih mata uang sesuai bujet dan kebutuhan;

·         Periksa fitur dan akses. Satu lagi hal yang harus Anda pertimbangkan adalah fitur dan akses yang tersedia dalam platform. E-wallet atau dompet digital dan kemudahan akses di satu tempat adalah kriteria yang membuat platform layak untuk Anda gunakan.

 

Sebagai rekomendasi, ada Nanovest yang dapat diandalkan untuk platform crypto exchange yang bisa digunakan di Indonsia. Selain sudah bekerjasama dengan mitra-mitra resmi dan berhubungan dengan Bappebti, Nanovest juga menawarkan instrumen investasi seperti saham yang skala transaksinya sudah global.

This Is The Newest Post